Analisis Strategi Pemasaran Terasi Bawang (Siwang) (Studi Kasus: UMKM Siwang Nounna Saritie di Desa Sleman Lor, Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah adalah 1) Menganalisis STP (segmentation, targeting,
positioning) pada produk Siwang di UMKM Siwang Nounna Saritie. 2) Menganalisis
implementasi Marketing Mix 4P (product, price, place, promotion) pada produk Siwang
di UMKM Siwang Nounna Saritie. 3) Menganalisis strategi pemasaran Siwang Nounna
Saritie dengan menggunakan SWOT (strength, weakness, opportunity, threat). Metode
penelitian Mixed-method adalah penelitian dimana penulis mengkombinasikan elemen
dari pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan tujuan mendapatkan
pemahaman yang lebih luas sekaligus mendalam atas suatu realitas sosial. Metode
pengambilan data dengan mengumpulkan data primer dan skunder. Siwang Nounna
Saritie telah menggunakan STP dan Bauran Pemasaran dalam melakukan pemasaran.
Berdasarkan analisis SWOT bahwa pada Siwang Nounna Saritie memiliki matriks
IFAS, EFAS, dan IE. Dari hasil IFAS 3,1 dan EFAS 2,1 menunjukan nilai IE berada di
posisi sel IV yaitu tumbuh dan membangun (grow and buld). Matriks SWOT yang
diketahui di Siwang Nounna Saritie adalah Alternatif strategi SO atau agresif
Saran: 1. Siwang Nounna Saritie dapat memaksimalkan STP (segmenting, targeting,
positioning) dengan memperluas pangsa pasar di dalam Negeri maupun luar Negeri,
dengan cara bekerja sama dengan ritel minimarket atau pusat oleh- oleh yang ada di
dalam Negeri dan luar Negeri. 2. Penerapan Marketing Mix 4P (product, price, place,
promotion) dapat menambah jenis kemasan saset produk Siwang agar lebih ekonomis,
memperluas promosi dengan menggunakan sponsorship, 3. Selain itu, pengunaan SWOT
dilihat dari integrasi kebelakang Siwang Nounna Saritie dapat menjalin kerjasama dengan
banyak pemasok seperti petani atau kelompok tani sehingga mampu berdayasaing di
pasaran.