Penambangan data formulir pendaftaran untuk memprediksi kinerja mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika UNISMA menggunakan CHAID
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menggali lebih dalam data formulir pendaftaran mahasiswa baru untuk
memprediksi prestasi belajar mahasiswa yang rendah. Perguruan Tinggi sebenarnya telah memiliki
basis data yang cukup sejak penerimaan mahasiswa baru untuk dapat dimanfaatkan sebagai sumber
informasi maupun tambahan pertimbangan dalam upaya menjaga kualitas dan profesionalitas
pelayanan pendidikan di masa yang kompetitif. Mengetahui lebih dini faktor-faktor yang
berhubungan dengan masalah prestasi belajar mahasiswa merupakan bentuk upaya untuk menjaga
kualitas kinerja mahasiswa yang merupakan salah satu variabel yang ikut menentukan tingkat kualitas
pelayanan pendidikan yang disediakan Perguruan Tinggi. Penelitian ini dilaksanakan di Program
Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Islam Malang (UNISMA). Data yang dipergunakan
adalah data formulir pendaftaran mahasiswa baru Prodi Pendidikan Matematika tahun 2016, 2017,
dan 2018. Analisa data dari formulir pendaftaran dilakukan dengan menerapkan Chi-square
Automatic Interaction Detector (CHAID) dengan pohon keputusan sebagai hasil akhir pemodelan
prediksinya sehingga akan lebih mudah dibaca dan dipahami. Avilla (dalam Hasana, 2013)
menjelaskan bahwa CHAID merupakan suatu teknik untuk mendeteksi adanya interaksi dalam
sebuah model prediksi. Hasil analisa CHAID dalam penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa
yang berpeluang memiliki kinerja rendah adalah mahasiswa dengan karakteristik yang melibatkan
variabel Pendapatan Ayah, Jenis Kelamin, Pilihan Prodi, Jenis Asal Sekolah, dan Hobi. Hasil analisa
ini diharapkan dapat menjadi salah satu pertimbangan untuk pengambilan keputusan dan kebijakan di
Prodi Pendidikan Matematika, sehingga permasalahan kinerja mahasiswa yang rendah dapat segera
teridentifikasi dan teratasi sedini mungkin.
URI
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/27358http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2303