Pengembangan Guru Profesional Menghadapi Generasi Alpha
View/ Open
Date
2020-03-31Author
Widodo, Ganjar Setyo
Rofiqoh, Kharisma Sita
Metadata
Show full item recordAbstract
Sebagaimana peserta didik, pengembangan guru juga perlu
dilakukan apalagi seorang guru sebagai pendidik profesional
bertugas untuk mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan,
melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Seorang Guru
professional di era milenial atau Generasi Alpha, tidak cukup
hanya mengusai kompetensi guru yang empat, yakni kompetensi
pedagogik kepribadian professional dan sosial. Perkembangan
teknologi informasi yang begitu pesat mengharuskan seorang
guru menjadi bagian dari kemajuan teknologi tersebut. Metode
penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis. Penelitian
deskriptif analitis mengambil masalah atau memusatkan perhatian
kepada masalah-masalah sebagaimana adanya saat penelitian
dilaksanakan, hasil penelitian yang kemudian diolah dan dianalisis
untuk diambil kesimpulannya. Hasil dan temuan memperlihatkan
bahwa guru sebagai generasi Alpha kita harus memberikan
teknik-teknik pendekatan yang sesuai dengan zaman sekarang.
Guru dituntut untuk bisa mengikuti perkembangan teknologi
sehingga dalam proses pembelajaran di kelas dapat di terima dan
diikuti oleh peserta didik sekaligus dapat memanfaatkan potensi
yang sudah dimiliki peserta didik. Guru harus banyak belajar
bagaimana mengajar, yaitu tentang bagaimana lebih banyak
mendesain sejumlah aktivitas atau model pembelajaran yang
cocok untuk generasi Alpha.