Efisiensi Dan Strategi Pemasaran Kripik Salak (Study Kasus: Pusat Oleh-Oleh Pronojiwo Winna Sari, Desa Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang)
Abstract
Buah salak yang tidak laku terjual dan cepat membusuk mengakibatkan kerugian bagi petani. Agroindustri pengolahan buah salak menjadi kripik salak dapat menghasilkan aneka olahan buah salak bernilai ekonomis tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi pengolahan kripik salak, dan menganalisis strategi pemasaran kripik salak. Penelitian dilakukan di CV. Winna Sari, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Metode analisis data menggunakan matriks IFE dan EFE untuk menghitung efisiensi dan metode QSPM untuk memutuskan prioritas strategi pemasaran kripik salak. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pemasaran kripik salak efisien, ditunjukkan oleh nilai IEE sebesar 58 dan nilai IET sebesar 2 (IEE>IET). Agroindustri CV. Winna Sari memiliki kekuatan utama pada aspek mutu produk yang stabil ditunjukkan oleh skor 0,349, sedangkan kelemahan utama adalah teknologi pengolahan yang masih tradisional dengan skor 0.158. Peluang utama adalah pasar yang masih terbuka dengan skor 0.420, sedangkan ancaman utama harga bahan baku yang fluktuatif dengan skor 0.373. Hasil matriks QSPM menyimulkan bahwa strategi pemasaran yang menjadi prioritas utama yang dapat dilakukan oleh agrondustri CV. Winna Sari adalah meningkatkan promosi pemasaran dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.