Pemahaman Konsep Mahasiswa Semester Satu pada Mata Kuliah Trigonometri
Abstract
Trigonometri, salah satu disiplin ilmu dalam matematika, sering salah dipahami oleh
pembelajar matematika. Untuk memahami Trigonometri, mahasiswa seharusnya
memulai pembelajaran dari pemahaman konsep Matematika. Oleh karenanya,
penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep mahasiswa dalam mata
kuliah Trigonometri. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian deskriptif kualitatif
terhadap pemahaman konsep dari mahasiswa semester pertama program studi
pendidikan matematika di salah satu perguruan tinggi di Kota Malang. Data yang
dikumpulkan dalam penelitian ini terdiri dari hasil pekerjaan subjek dan transkrip hasil
wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 6 soal
pemahaman konsep pada materi trigonometri. Analisis hasil pekerjaan subjek dilakukan
untuk mengetahui jawaban benar atau salah. Sedangkan analisis transkrip wawancara
dilakukan dengan pengkodean guna mengetahui faktor-faktor yang mendukung
pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dengan
pemahaman konsep yang baik mampu menyelesaikan masalah trigonometri, sedangkan
mahasiswadengan pemahaman konsep yang kurang mengalami kesulitan dalam
menyelesaikan masalah trigonometri. Selain itu, hasil penelitian ini menemukan aspek aspek yang mempengaruhi (mendorong dan menghambat) mahasiswa dalam
memahami konsep Trigonometri. Lebih lanjut, penelitian ini diharapkan dapat
memberikan kontribusi dalam pembelajaran mata kuliah trigonometri berdasarkan
indikator-indikator pemahaman konsep.
URI
https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jel/article/view/2773http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2414