Proses Berpikir Siswa dalam Memperbaiki Kesalahan Generalisasi Pola Linier

Show simple item record

dc.contributor.author Setiawan, Yayan Eryk
dc.date.accessioned 2021-11-09T03:29:11Z
dc.date.available 2021-11-09T03:29:11Z
dc.date.issued 2020-09-30
dc.identifier.issn 2527-8827
dc.identifier.uri https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv9n3_02
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2421
dc.description [ARCHIVES] Copyright Article from : Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika en_US
dc.description.abstract Masih banyak kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menggeneralisasi pola linier yang disebabkan fokus pada data numerik. Siswa-siswa yang mengalami kesalahan ini penting diberikan kesempatan kembali untuk memperbaiki kesalahan dalam menggeneralisasi pola linier. Untuk itu, tujuan penelitian ini adalah menganalisis proses berpikir siswa dalam memperbaiki kesalahan generalisasi pola linier. Sesuai dengan tujuan penelitian tersebut, maka penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus terhadap 2 siswa kelas VIII sekolah menengah pertama yang berhasil memperbaiki kesalahan generalisasi pola linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua jenis proses berpikir dalam memperbaiki kesalahan generalisasi pola linier, yaitu memperbaiki dengan menguji dan mencoba, serta memperbaiki dengan mengganti strategi generalisasi. Proses memperbaiki dengan menguji dan mencoba terdiri dari tiga tahap, yaitu: tahap mencari beda, tahap menguji, dan tahap mencoba. Proses memperbaiki dengan mengganti strategi generalisasi terdiri dari tiga tahap, yaitu: tahap mencari beda, tahap mengganti strategi generalisasi, dan tahap menemukan rumus suku ke-n. Cara yang paling efektif untuk memperbaiki kesalahan generalisasi pola linier adalah dengan cara mengganti strategi. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Institut Pendidikan Indonesia Garut en_US
dc.relation.ispartofseries Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika;Vol 9, No. 3, p. 371-382
dc.subject Generalisasi Pola Linier en_US
dc.subject Memperbaiki Kesalahan en_US
dc.subject Proses Berpikir en_US
dc.title Proses Berpikir Siswa dalam Memperbaiki Kesalahan Generalisasi Pola Linier en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account