Show simple item record

dc.contributor.authorSetiawan, Yayan Eryk
dc.date.accessioned2021-11-09T06:47:05Z
dc.date.available2021-11-09T06:47:05Z
dc.date.issued2021-01-17
dc.identifier.issn2549-3639
dc.identifier.urihttps://journal.unsika.ac.id/index.php/supremum/article/view/4531
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2425
dc.description[ARCHIVES] Copyright Article from : SJME (Supremum Journal of Mathematics Education)en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan mahasiswa semester pertama dalam menentukan nilai fungsi trigonometri sudut istimewa. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus terhadap 5 mahasiswa semester pertama program studi pendidikan matematika yang mengalami kesalahan dalam menentukan nilai fungsi trigonometri sudut istimewa. Instrumen penelitian ini terdiri dari satu soal tentang nilai fungsi trigonometri sudut istimewa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini terdiri dari hasil pekerjaan dan transkrip hasil wawancara dengan subjek. Analisis data hasil pekerjaan dilakukan dengan menglasifikasikan kesalahan subjek. Sedangkan transkrip hasil wawancara dianalisis dengan pengkodean untuk mengetahui penyebab kesalahan yang dilakukan oleh subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua kesalahan dalam menentukan nilai fungsi trigonometri sudut istimewa, yaitu kesalahan prinsip dan kesalahan fakta. Kesalahan prinsip adalah kesalahan dalam menggunakan cara untuk menentukan nilai fungsi trigonometri sudut istimewa yang disebabkan lupa dan kurang teliti dalam menggunakan cara untuk menyelesaikan soal. Kesalahan fakta adalah kesalahan dalam memahami informasi dalam soal yang disebabkan terburu-buru dalam menyelesaikan soal. Peneliti merekomendasikan kepada guru atau dosen untuk meminta siswa atau mahasiswa lebih teliti dan tidak terburu-buru dalam menentukan nilai fungsi trigonometri sudut istimewa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Singaperbangsa Karawangen_US
dc.relation.ispartofseriesSJME (Supremum Journal of Mathematics Education);Vol.5, No.1, p. 110-121
dc.subjectKesalahan Faktaen_US
dc.subjectKesalahan Prinsipen_US
dc.subjectSudut Istimewaen_US
dc.subjectTrigonometrien_US
dc.titleAnalisis Kesalahan Mahasiswa Semester Pertama dalam Menentukan Nilai Fungsi Trigonometri Sudut Istimewaen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record