Analisis Kesalahan Mahasiswa Semester Pertama dalam Menentukan Nilai Fungsi Trigonometri Sudut Istimewa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan
mahasiswa semester pertama dalam menentukan nilai fungsi
trigonometri sudut istimewa. Metode penelitian ini menggunakan
penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus terhadap
5 mahasiswa semester pertama program studi pendidikan matematika
yang mengalami kesalahan dalam menentukan nilai fungsi
trigonometri sudut istimewa. Instrumen penelitian ini terdiri dari satu
soal tentang nilai fungsi trigonometri sudut istimewa. Data yang
dikumpulkan dalam penelitian ini terdiri dari hasil pekerjaan dan
transkrip hasil wawancara dengan subjek. Analisis data hasil pekerjaan
dilakukan dengan menglasifikasikan kesalahan subjek. Sedangkan
transkrip hasil wawancara dianalisis dengan pengkodean untuk
mengetahui penyebab kesalahan yang dilakukan oleh subjek. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua kesalahan dalam
menentukan nilai fungsi trigonometri sudut istimewa, yaitu kesalahan
prinsip dan kesalahan fakta. Kesalahan prinsip adalah kesalahan dalam
menggunakan cara untuk menentukan nilai fungsi trigonometri sudut
istimewa yang disebabkan lupa dan kurang teliti dalam menggunakan
cara untuk menyelesaikan soal. Kesalahan fakta adalah kesalahan
dalam memahami informasi dalam soal yang disebabkan terburu-buru
dalam menyelesaikan soal. Peneliti merekomendasikan kepada guru
atau dosen untuk meminta siswa atau mahasiswa lebih teliti dan tidak
terburu-buru dalam menentukan nilai fungsi trigonometri sudut
istimewa.
URI
https://journal.unsika.ac.id/index.php/supremum/article/view/4531http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2425