Pengembangan Kuesioner untuk Menganalisis Kebutuhan Mahasiswa terhadap Lembar Kerja Berbasis Model Pembelajaran IDEA
View/ Open
Date
2021-05-24Author
Setiawan, Yayan Eryk
Ayuningtyas, Triwilujeng
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kuesioner kebutuhan mahasiswa terhadap lembar kerja
berbasis model pembelajaran IDEA (Issue, Discussion, Establish, and Apply) yang valid dan reliabel.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan 4 tahap, yaitu perencanaan,
rekonstruksi, analisis kuantitatif, dan validasi. Hasil pada tahap perencanaan ini adalah kisi-kisi
kuesioner. Hasil dari tahap rekonstruksi adalah kuesioner dan pedoman penskorannya. Hasil pada tahap
analisis kuantitatif ini berupa uji reliabilitas kuesioner dengan menggunakan teknik Alpha Cronbach .
Hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa r hitung > r tabel, yaitu 0.927 > 0.423. Ini artinya kuesioner
telah reliabel. Reliabilitas dari kuesioner ini juga menunjukkan berada pada kategori sangat tinggi. Hasil
uji validitas menunjukkan bahwa dari 45 item kuesioner diperoleh 4 item tidak valid dan 41 item valid.
Oleh karena itu hasil penelitian ini secara umum diperoleh 41 item kuesioner kebutuhan mahasiswa
terhadap lembar kerja berbasis model pembelajaran IDEA yang valid dan reliabel. Jadi kuesioner yang
terdiri dari 41 item pernyataan ini dapat digunakan untuk menganalisis kebutuhan mahasiswa terhadap
lembar kerja berbasis model pembelajaran IDEA.
URI
https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/7095http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2472