Show simple item record

dc.contributor.authorFahruddin, Ahmad Hanif
dc.date.accessioned2021-12-08T03:41:41Z
dc.date.available2021-12-08T03:41:41Z
dc.date.issued2021-02-26
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2694
dc.description.abstractPerbedaan etnis, ras, suku, bahasa dan agama adalah sesuatu keniscayaan yang bisa menjadi anugrah bila mampu dirawayat dengan baik, dan bisa menjadi musibah bila tidak mampu merawatnya. Masyarakat Balun yang harmonis adalah salah satu contoh masyarakat yang mampu merawat khebinekaan yang ada, karena dalam kehidupan masyakatnya ada tiga agama tetapi tidak menjadikan sebuah masalah, bahkan malah menjadi sebuah keistimewaan dengan disematkannya desa Pancasila karena antara satu pemeluk agama dengan yang lainnya saling menghormati. Kesepemahan untuk selalu menjaga keharmonisan dengan saling menghormati, menghargai dan sikap toleran lainnya karena ada tiga lingkungan pendidikan yang ikut menginternalisasikan niai-nilai pendidikan Islam multikultural. Maka dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui diskripsi, analisis dan interpretasi tentang 1) nilai-nilai pendidikan Islam multikultural di keluarga, masyarakat dan sekolah dalam mewujudkan harmoni masyarakat Balun Turi Lamongan, 2) internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam multikultural di keluarga, masyarakat dan sekolah dalam mewujudkan harmoni masyarakat Balun Turi Lamongan, dan 3) model internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam multikultural di keluarga, masyarakat dan sekolah dalam mewujudkan harmoni masyarakat Balun Turi Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data berpijak pada pendapat Miles dan Hubermen yaitu menggunakan reduksi data, display data, dan verifikasi. Adapun pengecekan keabsahan datanya adalah melalui ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat. Kemudian setelah data tersajikan lalu dianalis dengan berbagai disiplin keilmuan atau perspektif multi disipliner yaitu melalui perspektif keilmuan religius, filosofis, antropologis, dan sosiologis-psikologis. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Nilai pendidikan Islam multikultural yang tumbuh dan berkembang di tiga lingkungan pendidikan yang ada di desa Balun terperinci sebagai berikut; Pertama nilai toleransi (tasamuh), Kedua, nilai moderasi beragama (tawasuth). Ketiga, nilai keharmonisan sosial (at-tawazun), Keempat, nilai tolong menolong (ta’awun), dan kelima, nilai resolusi sosial. 2). Proses internalisasi nilai pendidikan Islam multikultural yang terlihat pada masyarakat Balun dilakukan melalui beberapa aspek tahapan, yakni transformasi nilai, transaksi nilai dan tahap trans-internalisasi nilai. Pada tahap transformasi nilai, dilakukan dengan membangun pemahaman dan kesadaran tentang pentingnya hidup rukun dan harmonis, di lingkungan keluarga, masyarakat dan sekolah. Sedangkan pada tahap transaksi nilai,dilakukan secara timbal balik, sehingga terjadi proses interaksi sosial. Dengan adanya transaksi nilai ini, tokoh masyarakat, guru dan atau tokoh agama dapat mempengaruhi nilai orang lain melalui contoh nilai yang dijalankannya (modeling) melalui perilaku-perilaku nyata dalam interaksi sosial di tengah keberagaman agama. Kemudian pada tahap trans-internalisasi, dilakukan bukan hanya dengan komunikasi verbal tetapi juga disertai komunikasi kepribadian yang ditampilkan melalui keteladanan, pengkondisian serta melalui proses pembiasaan atau pembudayaan (inkulturasi) untuk dapat berperilaku sesuai dengan nilai yang diharapkan. Dan 3) Model internalisasi pendidikan Islam multikultural yang digunakan di tiga lingkungan pendidikan yang ada desa Balun sebagai berikut yaitu Pertama, model interaksi akademik, Kedua, model pembudayaan (inkulturasi). dan Ketiga, model resolusi konflik. Kata kunci: Nilai Pendidikan Islam Multikultural, Internalisasi Nilai, Model Internalisasi Nilaien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Islam Multikulturalen_US
dc.subjectNilai Pendidikan Islam Multikulturalen_US
dc.subjectInternalisasi Nilaien_US
dc.subjectModel Internalisasi Nilaien_US
dc.titleInternalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam Multikultural di Keluarga, Masyarakat dan Sekolah dalam Mewujudkan Harmoni Masyarakat Balun Turi Lamonganen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record