Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh viral marketing, online marketing, dan lifestyle terhadap buying decision. Variabel independen dalam penelitian ini adalah viral marketing, online marketing, dan lifestyle. Sedangkan variabel dependen adalah buying decision. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, karena data primer dengan metode pengumpulan data berupa kuesioner melalui google form. Populasi pada penelitian ini adalah pelanggan dari mahasiswa FEB UNISMA angkatan 2017 yang pernah membeli sepatu converse. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan teknik teori Lemeshow. Berdasarkan metode tersebut jumlah sampel yang digunakan adalah 96 responden. hipotesis yang diuji menggunakan analisis statistik deskriptif, uji instrumen, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel viral marketing berpengaruh terhadap buying decision, variabel online marketing berpengaruh terhadap buying dicision, dan lifestyle berpengaruh terhadap buying decision.
Kata Kunci: Viral Marketing, Online Marketing, Lifestyle, Buying Decision