Kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bima dalam Pelaksanaan Administrasi Kependudukan di Masa Pendemi Covid-19 (Studi Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Mengenai Penerbitan Dokumen Kependudukan Kota Bima)
Abstract
Penelitian ini hendak mengaji secara empris tentang Kinerja Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta kendala yang dihadapi dalam pelayanan Administrasi Kependudukan di Kota Bima. Metode penelitia yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori kinerja
Penilaian dan Indikator Kinerja, Kriteria Pedoman Penilaian Kinerja, dan Manfaat
Kerugian dan dampak Kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bima di masa pendemi Covid 19. Yang selanjutnya dikembangkan menjadi lima indikator yaitu produktivitas, kualitas layanan, responvitas, dan akuntabilitas. Hasil penelitian menunjukkan hasil yang cukup baik. Kendala yang dihadapi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bima mengenai pelayanan Administrasi Kependudukan kepada masyarakat di Kota Bima secara keseluruhan masih dapat diatasi dengan berbagai cara, kecuali kendala eksternal yang berupa letak geografis dan kondisi lingkungan Kota Bima.
Kata Kunci: Birokrasi, Kinerja