Pengaruh Customer Review, Customer Rating dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Tokopedia (Studi pada Mahasiswa Pengguna Tokopedia di Malang)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan customer review, customer rating, viral marketing dan keputusan pembelian serta mengetahui pengaruh customer review, customer rating, dan viral marketing terhadap keputusan pembelian. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif.
Sampel penelitian ini adalah mahasiswa pengguna Tokopedia di Malang, dengan Teknik pengambilan sampel snowball sampling yaitu sebanyak 72 responden. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui google form. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan program IBM SPSS statistics 26.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa customer review, customer rating, viral marketing secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Variabel customer review tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian, customer rating tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian, viral marketing berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci : Customer Review, Customer Rating, Viral Marketing, Keputusan
Pembelian