Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya, Viral Marketing, dan Customer Online Review Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Secara Online di Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Angkatan 2018 Universitas Islam Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Lingkungan Teman Sebaya, Viral Marketing dan Customer Online Review terhadap Keputusan Pembelian Impulsif secara online di Shopee. Populasi dalam penelitian ini yaitu Mahasiswa Angkatan 2018 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang yang pernah melakukan pembelian produk di Shopee. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan penyebaran kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Variabel independen pada penelitian ini adalah Lingkungan Teman Sebaya, Viral Marketing dan Customer Online Review dan variabel dependennya adalah Keputusan Pembelian Impulsif. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dan diolah menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian ini secara simultan menunjukkan bahwa Lingkungan Teman Sebaya, Viral Marketing dan Customer Online Review berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Impulsif. Secara parsial, Lingkungan Teman Sebaya dan Customer Online Review berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian Impulsif, sedangkan Viral Marketing tidak berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Impulsif.
Kata kunci : Lingkungan Teman Sebaya, Viral Marketing, Customer Online Review, Keputusan Pembelian Impulsif.