Evaluasi Penerapan Digital Marketing Sebagai Solusi Peningkatan Penjualan UMKM “Sarijan Coffee Malang” di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Penelitian ini menganalisis secara deskriptif kualitatif Evaluasi Penerapan Digital marketing sebagai solusi peningkatan penjualan UMKM sarijan cofee malang di masa pandemi covid 19. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai pemanfaatan media sosial whatsApp, Instagram, facebook dan tiktok serta marketplace shopee dengan baik. Penggunaan Digital Marketing UMKM Sarijan Coffee seperti penggunaan media sosial instagram dan facebook mempermudah untuk berbagi informasi, menjadi media promosi yang efisien, menjadi media interaksi dengan konsumen serta dapat memperluas menjangkau konsumen. Penggunaan media chatting mempermudah konsumen untuk berkomunikasi dengan penjual, untuk mengkomunikasikan produk, promosi dan pemesanan produk serta menambah pelanggan setia. Penggunaan marketplace shopee mempermudah untuk menjangkau konsumen, memudahkan konsumen untuk melihat produk, berkomunikasi, dan mempermudah konsumen untuk mendapat produk kami dengan memesan secara online serta tidak perlu keluar rumah. Pada saat ini banyak konsumen yang lebih memilih menggunakan marketplace shopee dalam bertransaksi. Dengan melakukan penjualan secara digital sangat membantu meningkatkan pendapatan yang juga otomatis diiringi dengan peningkatan peningkatan penjualan pula. Hal ini menjadi bukti bahwa digital marketing membawa pengaruh besar dalam peningkatan penjualan pada usaha UMKM sarijan cofee Malang.
Kata Kunci: Digital Marketing, Peningkatan Penjualan, Instagram, Facebook, Tiktok, WhatsApp, Marketplace.