Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Manfaat Aplikasi Jd.id Terhadap Keputusan Pembelian pada Mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Manajemen FEB UNISMA Malang)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh kemudahan penggunaan dan persepsi manfaat aplikasi JD.id terhadap keputusan pembelian mahasiswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplanatori. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2021. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus dari Malhotra yaitu sebanyak 72 responden dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menggunakan uji regeresi linier berganda adalah kemudahan penggunaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (sig. = 0,000 < 0,05). Persepsi manfaat berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Sig = 0,000 < 0,05). Diharapkan dapat dijadikan monitoring bagi JD.Id sebagai pertimbangan dalam mengatasi permasalahan mengenai kemudahan penggunaan dan persepsi manfaat. Diharapkan pihak JD.Id lebih memperhatikan kemudahan pengguna dalam berbelanja, hal ini akan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.
Kata Kunci : Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat Aplikasi JD.Id,
Keputusan Pembelian