Pengaruh Promosi , Pelayanan, dan Trust Terhadap Keputusan Pengambilan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Super Mikro PT BRI Unit Polehan (Studi Kasus pada UMKM Wilayah Polehan)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Promosi, Pelayanan, dan Trust Terhadap Keputusan Pengambilan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Super Mikro PT BRI Unit Polehan (Studi Kasus Pada UMKM Wilayah Polehan). Penelitian ini termasuk jenis explanatory research dengan pendekatan kuantitatif, yang dilakukan untuk menguji pengaruh antara variabel-variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh UMKM yang pernah atau sedang menggunakan KUR Super Mikro di wilayah Kelurahan Polehan. Dari populasi ini akan ditetapkan sampel dengan metode rumus dari Malhotra sehingga diperoleh sampel 75 sampel. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis, serta uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji t terdapat pengaruh secara parsial antara variabel promosi, pelayanan, dan trust terhadap variabel keputusan pengambil kredit. Adjusted R Square sebesar 48,2% terhadap variabel dependen yakni keputusan pengambilan kredit dapat dijelaskan oleh variabel promosi (X1), pelayanan (X2), trust (X3) sedangkan 51,8% dijelaskan oleh variabel-variabel lain diluar model penelitian.
Kata kunci: Keputusan Pengambilan Kredit, Promosi, Pelayanan, Trust