Abstract:
Di era globalisasi, pertumbuhan ekonomi Kota Malang terus berkembang, dan berbagai ukuran dan jenis industri telah mendukung perekonomian Kota Malang dengan segala dinamika yang berkelanjutan, salah satunya adalah Coffee Shop. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategis bersaing bisnis yang diterapkan Aromatic Coffee and Roastery Malang guna mempertahankan eksistensi usaha dalam menghadapi maraknya coffee shop yang ada di Kota Malang.
Dalam penelitian ini Pengumpulan data primer dilakukan melalui wawancara mendalam kepada informan dalam penelitian ini yaitu Owner, Karyawan dan Pelanggan. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi pustaka, jurnal penelitian, gambaran umum Aromatic Coffee and Roastery Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis SWOT, matriks IFE, matriks EFE, dan Matriks SWOT.
Hasil dari matriks IFE dan EFE menunjukkan posisi kuadran perusahan berada pada Kuadran I. Posisi ini menunjukkan bahwa profitabilitas sangat tinggi, perusahaan memiliki peluang dan kekuatan untuk memanfaatkan peluang asosiasi yang ada. Strategi yang direkomendasikan adalah Progresif yang berarti organisasi dalam keadaan ideal dan konsisten, dan sangat mungkin untuk melanjutkan pengembangan, pertumbuhan, dan kemajuan yang maksimal.
Kata Kunci: Strategi Bersaing, Analisis SWOT, Coffee Shop