Analisis Pengaruh Fitur Produk, Harga, dan Variety Seeking Terhadap Brand Switching (Studi pada Mahasiswa UNISMA Pengguna Smartphone Samsung yang Beralih Merek)
Abstract
Penelitian ini dibuat untuk mengetahui pengaruh fitur produk, harga dan variety seeking terhadap brand switching. Serta, penelitian ini dibuat pulas sebagai persyaratan memperoleh gelar Sarjana Administrasi Bisnis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Jumlah sampel sebanyak 100 responden dan data diolah menggunkan aplikasi SPSS 23.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel fitur produk tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap brand switching dengan nilai signifikansi 0,158 > 0,05, nilai t hitung < t tabel yaitu 1,984 ( -0,779 < 1,984) yang artinya HO diterima dan H1 ditolak. Kemudian variabel harga juga tidak menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap brand switching dengan taraf signifikansi sebesar angka 0,438 > 0,05 dan t hitung < t tabel ( 1,421 < 1,984) yang berarti Ho diterima dan H2 ditolak. Variabel Variety seeking berpengaruh signifikan terhadap brand switching dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05 dan t hitung > t tabel ( 8,194 < 1,984), yang artinya H3 diterima dan Ho. kemudian pengujian variabel secara simultan dari uji F menunjukkan nilai signifikansi sebesar signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung > Ftabel (22,767 > 2,47), maka ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan secara simultan terhadap brand switching sehingga H4 diterima dan HO ditolak.
Kata Kunci : Fitur Produk, Harga, Variety Seeking, Brand Switching, Smartphone Samsung.