Pengaruh Corporate Image, Customer Relationship Marketing dan Layanan Fintech Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus pada Bank Syariah Indonesia KC. Kota Malang)
Abstract
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Corporate Image, Customer Relationship Marketing dan Layanan Fintech terhadap Loyalitas Nasabah (Studi kasus pada Bank Syariah Indonesia KC. Kota Malang). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Objek penelitian yang digunakan adalah seluruh nasabah Bank BSI KC. Kota Malang Sutoyo. Pada penelitian ini mengambil sampel 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan rumus solvin. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari peneyebaran kuesioner. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan SPSS versi 16.0 dan analisis data yang digunakan pada peneltian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel independen yaitu Corporate Image (X1) berpegaruh negativ secara parsial terhadap Loyalitas Nasabah (Y). Variabel Customer Relationship Marketing (X2) Berpengaruh positif dan siginifikan terhdap Loyalitas Nasabah (Y). Dan variabel Financial Technology (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Nasabah (Y). Sedangkan variabel Corporate Image (X1), Customer Relationship Marketing (X2) dan Layanan Fintech (X3) berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap Loyalitas Nasabah.
Kata Kunci: Corporate Image, Customer Relationship Marketing, Financial Technology, Loyalitas.