Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Umkm Desa (Studi Kasus pada Konsumen UMKM Keripik Buah UD. Tiga Saudara Desa Tempurejo, Kecamatan Tempursari, Kabupaten Lumajang)
Abstract
Indonesia memiliki banyak sumber daya alam yang melimpah. Masyarakat Indonesia dituntut untuk memanfaatkan hasil alam yang ada, dengan membuat makanan atau produk lain dan dapat menjadi sumber pendapatan masyarakat. Di era revolusi industri yang terus bergulir, segala aspek kebutuhan manusia dibantu dengan teknologi canggih sehingga lebih mudah untuk menjual suatu produk. UMKM merupakan contoh usaha yang memanfaatkan hasil alam. Berbekal kualitas pelayanan dan kualitas yang baik, sehingga dapat menciptakan keputusan pembelian. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk UMKM Desa. Studi kasus dalam penelitian ini adalah konsumen UMKM UD. Tiga Saudara. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis regresi linier berganda merupakan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh simultan antara kualitas pelayanan dan kualitas produk yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Dan juga secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci : Keputusan Pembelian, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk