Pengaruh Iklan, Promo Gratis Ongkos Kirim, dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi Belanja Online (WARGA RT 8 Kelurahan Karangbesuki Kota Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Iklan, Promo Gratis Ongkos Kirim, dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Belanja Online Warga RT 8 Kelurahan Karangbesuki Kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory research dengan metode penyebaran kuesioner. Sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 51 responden serta pengolahan data menggunakan program komputer SPSS. Penelitian ini telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji hipotesis dan analisis koefisien determinasi. Adapun variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel keputusan pembelian (variabel dependen), sedangkan variabel independen yaitu pengaruh iklan, gratis ongkos kirim, dan diskon.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa variabel iklan, promo gratis ongkos kirim, dan diskon berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi belanja online. Variabel iklan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel promo gratis ongkos kirim dan diskon berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci: Keputusan Pembelian, Iklan, Promo Gratis Ongkos Kirim, dan Diskon.