Abstract:
Instrumen atau alat dalam pembayaran sudah mengalami perubahan-perubahan yang dimulai dari alat pembayaran dalam bentuk tunai berupa logam dan kertas konvensional, kini telah berkembang dalam bentuk yang lebih praktis yaitu alat pembayaran elektronik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan dan persepsi keamanan terhadap keputusan penggunaan e-wallet shopeepay. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan populasi mahasiswa manajemen Universitas Islam Malang Angkatan 2018 berjumlah 565 mahasiswa yang menggunakan aplikasi shopeepay dan dilakukan purposive sampling dan didapat sampel 100 responden. Data kemudian dianalisis dengan uji regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 25. Hasil penelitian menunjukan persepsi kemudahan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap terhadap keputusan penggunaan e-wallet shopeepay. Demikian juga, persepsi keamanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan e-wallet shopeepay. Variabel persepsi kemudahan dan keamanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan e-wallet shopeepay.
Kata kunci: Persepsi Kemudahan, Persepsi Keamanan, Keputusan Penggunaan, e- wallet, Shopeepay