Preferensi Konsumen dalam Memilih Cafe di Kota Malang Menggunakan Analisis Konjoin
Abstract
Cafe merupakan suatu tempat untuk bersantai serta dapat memebeli makanan dan minuman yang identik dengan meja dan kursi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui urutan preferensi konsumen mengenai kombinasi atribut dan level atribut dalam memilih cafe di Kota Malang. Penelitian ini dilakukan terhadap 96 responden yang berkunjung maupun yang pernah berkunjung ke suatu cafe. Metode penelitian ini menggunakan analisis konjoin dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dan jenis penelitian diskriptif kuantitatif. Atribut yang digunakan pada penelitian ini berjumlah enam dengan masing-masing terdapat tiga level atribut. Hasil dari penelitian ini didapatkan urutan kombinasi atribut dan level atribut mengenai preferensi konsumen dalam memilih cafe di Kota Malang, yaitu hargaRp. 10.000-Rp. 15.000, lokasi dekat dengan tempat tinggal, Atmosfer cafe outdoor, fasilitas wifi, pelayanan tanggap, dan produk dengan ukuran menu yang sesuai dengan harga.
Kata kunci: Preferensi Konsumen, Cafe, Analisis Konjoin