Analisis Jenis Media Promosi dan Keragaman Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal Via Online (Studi Kasus pada Kaum Milenial di Kota Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis media promosi dan keragaman harga terhadap keputusan pembelian kosmetik halal via online. Penelitian ini termasuk jenis explanatory research dengan pendekatan kuantitatif, yang dilakukan untuk menguji pengaruh antara variabel-variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah kaum milenial Generasi Y yang lahir pada kurun waktu tahun 1980 - 2000 di Kota Malang. Dari populasi ini akan ditetapkan sampel dengan metode rumus dari Malhotra sehingga diperoleh sampel berjumlah 80 sampel. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis, serta uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji t variabel jenis media promosi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan keragaman harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik halal via online. Hasil dari uji simultan variabel jenis media promosi dan keragaman harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Adjusted R Square sebesar 47,8% terhadap variabel dependen yakni kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel jenis media promosi (X1)dan keragaman harga (X2) sedangkan 52,2% dijelaskan oleh variabel-variabel lain diluar model penelitian.
Kata Kunci: Jenis Media Promosi, Keragaman Harga, Keputusan Pembelian