Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Promosi Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian pada Online Shop Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis 2018 Universitas Islam Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga, kualitas produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian di toko online shopee. Jenis penelitian ini menggunakan explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Unisma Februari 2018 yang berjumlah kurang lebih 950 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dengan rumus Malhotra menggunakan jumlah indikator dikalikan 5, jumlah target 115 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda, uji F, uji T, koefisien determinasi, analisis data menggunakan aplikasi spss 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel harga, kualitas produk, dan promosi berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa secara parsial variabel harga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan secara parsial produk variabel kualitas dan promosi berpengaruh signifikan dan positif. terhadap keputusan pembelian di toko online shopee.
Kata Kunci: Harga, Kualitas Produk, Promosi, Keputusan Pembelian