Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh brand ambassador, social media marketing dan online customer review terhadap minat beli produk Scarlett Whitening pada mahasiswi di Kota Malang. Pada penelitian ini jenis penelitian yang diterapkan adalah explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi di Kota Malang yang berasal dari 2 PTN dan 2 PTS terbesar di Kota Malang yaitu Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Islam Malang dan Universitas Muhammadiyah Malang. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 75 responden. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Untuk menganalisis data pada penelitian ini digunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, multikoliniearitas, heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda dan koefisien determinasi adjusted R2. Pengujian hipotesis pada penelitian ini dilakukan melalui uji instrumen F (simultan) dan instrumen t (parsial). Seluruh pengujian dilakukan menggunakan alat bantu SPSS 2020.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel brand ambassador, social media marketing dan online customer review secara bersma-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli. Brand ambassador memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli. Social media marketing memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli. Online customer review memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel minat beli.
Kata kunci: brand ambassador, social media marketing, online customer review, minat beli, Scarlett Whitening