Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Bengkel Understell Kendaraan Roda Empat. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan membagikan kuesioner kepada responden. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang menggunakan jasa layanan bengkel kendaraan roda empat H M Understell selama periode penelitian yaitu bulan Desember 2021 sampai bulan Februari 2022 dengan rata-rata 4 pelanggan perhari sehingga dapat diketahui populasi berjumlah 308. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori menurut Arikunto (2010) diketahui populasi berjumlah 308 dapat diambil 20% dari populasi sehingga jumlah sampelnya adalah 20% x 308 = 61,6 dibulatkan menjadi 62 pelanggan. Sedangkan teknik penentuan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah didasarkan pada metode non probability sampling dengan menggunakan penelitian purposive sampling dengan karakteristik pelanggan yang sudah pernah menggunakan jasa layanan bengkel minimal 1 kali. Hasil penelitian melalui uji F dan uji T menunjukkan bahwa secara simultan maupun parsial Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Kepercayaan berpengaruh positif signifikan dengan tingkat sig 0,000 < 0,05 terhadap kepuasan pelanggan.
Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Kepercayaan, dan Kepuasan Pelanggan