Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Kinerja Guru (pada Guru di SMAN 1 Kota Malang, Jawa Timur)
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini yakni menguji dan menganalisis pengaruh kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual terhadap kinerja guru di SMAM 1 Kota Malang, Jawa Timur baik secara parsial maupun secara simultan atau bersama-sama. Populasi dan sampel yang digunakan adalah seluruh guru di SMAM 1 Kota Malang yang berjumlah 43 orang. Pengumpulan data melalui kuisioner. Analisis data pada penelitian ini menggunakan SPSS versi 21. Teknik pengambilan sampel menggunakan penyebaran angket dengan penilaian skala rikert dan teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji t.
Hasil yang didapatkan dari dilakukannya pengujian dan analisis menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja guru, sedangkan kecerdasan spiritual berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru. Pengujian secara bersama-sama menunjukkan bahwa kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru.
Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Kinerja Guru.