Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran ayam ras petelur UD. Arjuna di Desa Kambingan Kecamatan Tumpang melalui analisis SWOT. Analisis SWOT digunakan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman ayam ras petelur di UD. Arjuna. Pengumpulan data menggunakan teknik Observasi, Wawancara dan dokumentasi. Metode yang digunakan adalah metode Deskriptif Kualitatif. Hasil dari analisis SWOT dapat diketahui faktor internal yang menjadi kekuatan utama adalah berada di perkampungan serta memiliki kualitas yang baik dengan harga yang terjangkau juga memiliki modal maupun lahan untuk pengembangan. Kelamahan yang dimiliki belum memiliki laporan aktivitas dan manajemen keuangan yang rapi, tidak memiliki kendang, modern serta tidak melakukan promosi. Factor internal yang menjadi peluang, adalah permintaan pasar yang tinggi, kesadaran masyarakat akan kebutuhan gizi mulai tinggit idak ada promosi dari pesaing dan memiliki akses komunikasi dan informasi yang mudah, cepat dan tepat. Ancama utama adalah sering terserang penyakit dan fluktuasi harga pakan serta harga telur. Berdasarkan kuadran SWOT UD. Arjuna berada di kuadran I Posisi ini menunjukkan bahwa UD. Arjuna dalam keadaan stabil, UD. Arjuna memiliki kekuatan dan peluang yang sangat tinggi. Strategi yang harus di implementsikan adalah strategi Progresif artinya Peternakan UD. Arjuna dalam keadaan optimal dan stabil sehingga memungkinkan untuk terus tumbuh, berkembang, dan mencapai kemajuan. Strategi yang cocok di implementasikan UD. Arjuna S-O Dengan memanfaatkan kekuatan dan kelemahan.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Ayam Ras Petelur, Analisis SWOT
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran ayam ras petelur UD. Arjuna di Desa Kambingan Kecamatan Tumpang melalui analisis SWOT. Analisis SWOT digunakan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman ayam ras petelur di UD. Arjuna. Pengumpulan data menggunakan teknik Observasi, Wawancara dan dokumentasi. Metode yang digunakan adalah metode Deskriptif Kualitatif. Hasil dari analisis SWOT dapat diketahui faktor internal yang menjadi kekuatan utama adalah berada di perkampungan serta memiliki kualitas yang baik dengan harga yang terjangkau juga memiliki modal maupun lahan untuk pengembangan. Kelamahan yang dimiliki belum memiliki laporan aktivitas dan manajemen keuangan yang rapi, tidak memiliki kendang, modern serta tidak melakukan promosi. Factor internal yang menjadi peluang, adalah permintaan pasar yang tinggi, kesadaran masyarakat akan kebutuhan gizi mulai tinggit idak ada promosi dari pesaing dan memiliki akses komunikasi dan informasi yang mudah, cepat dan tepat. Ancama utama adalah sering terserang penyakit dan fluktuasi harga pakan serta harga telur. Berdasarkan kuadran SWOT UD. Arjuna berada di kuadran I Posisi ini menunjukkan bahwa UD. Arjuna dalam keadaan stabil, UD. Arjuna memiliki kekuatan dan peluang yang sangat tinggi. Strategi yang harus di implementsikan adalah strategi Progresif artinya Peternakan UD. Arjuna dalam keadaan optimal dan stabil sehingga memungkinkan untuk terus tumbuh, berkembang, dan mencapai kemajuan. Strategi yang cocok di implementasikan UD. Arjuna S-O Dengan memanfaatkan kekuatan dan kelemahan.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Ayam Ras Petelur, Analisis SWOT