Pengaruh Atribut Produk Wisata, Penetapan Harga, dan Aksesibilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Objek Wisata Coban Jahe, Kabupaten Malang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut produk wisata, penetapan harga, dan aksesibilitas terhadap keputusan berkungjung wiasatawan di objek wisata Coban Jahe Kabupaten Malang pada pengunjung objek wisata Coban Jahe Kabupaten Malang penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dimana data didapatkan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada pengunjung objek wisata Coban Jahe Kabupaten Malang yang dipilih secara accidental sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dan didapatkan hasil sebanyak 90 responden. Data dianalisa menggunakan uji regresi linear berganda dan uji determinasi. Berdasarkan hasil analisis data, hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan atribut produk wisata, penetapan harga, dan aksesibilitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung wiasatawan di objek wisata Coban Jahe Kabupaten Malang. Selanjutnya hasil uji t menunjukkan bahwa atribut produk wisata, penetapan harga, dan aksesibilitas berpengaruh terhadap keputusan berkungjung wiasatawan di objek wisata Coban Jahe Kabupaten Malang. Hasil uji determinasi menunjukkan bahwa persentase sebesar 78,2%, yang keputusan berkungjung wisatawan mampu dipengaruhi oleh atribut produk wisata, penetapan harga, dan aksesibilitas. Selanjutnya dalam penelitian ini, metode pengumpulan data bisa dilanjutkan dengan memperhatikan kesediaan pengunjung, follow up untuk mengisi, sehingga ketika diberikan kuesioner dapat dengan segera mengisi data dengan baik.
Kata Kunci: Keputusan Berkunjung, Atribut Produk Wisata, Penetapan Harga, Aksesibilitas