Pengaruh Sosial Media Marketing Facebook Terhadap Minat Sewa Konsumen dengan Consumer Behavior Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Konsumen Sound System Si Doel Pasuruan)
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.
Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.
Pengaruh Sosial Media Marketing Facebook Terhadap Minat Sewa Konsumen dengan Consumer Behavior Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Konsumen Sound System Si Doel Pasuruan)
Perkembangan industri musik (Sound System) di wilayah Jawa Timur saat ini mengalami kemajuan yang sangat ramai khususnya di wilayah Kabupaten Pasuruan. Semakin banyaknya acara dan perayaan di Kabupaten Pasuruan menyebabkan permintaan dan minat terhadap sound system semakin meningkat. Hal ini dapat mengangkat bisnis persewaan sound system menjadi peluang bisnis yang cukup besar dan digemari banyak orang, baik tua maupun muda. Berdasarkan beberapa keunggulan media sosial Facebook, banyak pemasar yang mengoptimalkan peran Facebook untuk mempengaruhi perilaku konsumen dalam berniat menyewa sound system, karena pengoperasiannya yang sangat mudah dan banyak menggunakan media sosial Facebook untuk mengunggah berita atau mendapatkan berita tentang suatu hajatan. event atau melakukan sound check dengan model order yang sedang meroket atau banyak digemari saat ini. Di sound system Si Doel, selain melakukan pemasaran langsung atau memasang spanduk di depan rumahnya, mereka juga menggunakan media sosial Facebook untuk memposting beberapa kegiatan atau membuat cerita di Facebook, sehingga menjadi tempat untuk memasarkan bisnis sound system mereka. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplanatori ( explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah sosial media marketing facebook berpengaruh posistif dan signifikan terhadap minat sewa konsumen, sosial media marketing facebook berpengaruh positif dan signifikan terhadap consumer behavior pada konsumen, tidak terdapat pengaruh consumer behavior terhadap Minat Sewa konsumen, terdapat pengaruh yang negative sosial media marketing facebook terhadap minat sewa konsumen melalui consumer behavior pada konsumen sound system si doel Pasuruan.
Kata Kunci : Sosial Media Marketing Facebook, Minat Sewa Konsumen, Consumer Behavior.