Abstract:
Pada era digitalisasi saat ini berbagai jenis belanja online atau marketplace serta dukungan penyediaan fasilitas layanan jasa kirim dari jasa transportasi berbasis internet, telah mengubah perilaku masyarakat dari sebelumnya berbelanja secara tradisional menjadi berbelanja online. Kepopuleran terhadap belanja online di masyarakat dalam beberapa tahun terakhir menjadi pendorong tumbuhnya sektor logistik di tanah air dengan ditandai adanya sebuah peningkatan penggunaan layanan jasa kirim.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kepuasan konsumen, kualitas pelayanan, ketepatan waktu, dan kepercayaan layanan J&T Express berbelanja di Marketplace, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, ketepatan waktu, dan kepercayaan layanan J&T Express terhadap kepuasan konsumen berbelanja di Marketplace, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan pada layanan J&T Express terhadap kepuasan konsumen berbelanja di Marketplace. untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh ketepatan waktu pada layanan J&T Express terhadap kepuasan konsumen berbelanja di Marketplace, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepercayaan pada layanan J&T Express terhadap kepuasan konsumen berbelanja di Marketplace.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, ketepatan waktu, dan kepercayaan layanan J&T Express berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen berbelanja di Marketplace, kualitas pelayanan pada layanan J&T Express berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen berbelanja di Marketplace, ketepatan waktu pada layanan J&T Express berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen berbelanja di Marketplace, kepercayaan pada layanan J&T Express berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen berbelanja di Marketplace. Perihal ketepatan waktu pada pernyataan “J&T Express jarang mengalami keterlambatan” mendapatkan nilai terendah. Saran bagi perusahaan diharapkan lebih diperhatikan dan dipertingkatkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi ketepatan waktu seperti prioritas proses, keakuratan pendataan orderan, pengelompokkan orderan, dan ukuran lot dengan begitu akan meningkatkan kepuasan konsumen hingga kedepannya konsumen dapat menggunakan layanan jasa J&T Express secara terus menerus. Begitu pula pada kualitas pelayanan, perusahaan J&T Express tetap menjaga kualitas pelayanan karena jika kualitas pelayanan baik maka konsumen akan semakin puas dan meningkat. Perusahaan J&T Express juga tetap menjaga kepercayaan dikarenakan konsumen selalu meletakkan keyakinan bahwa layanan J&T Express dapat dipercayai dan akan terus bergantung kepada perusahaan jasa tersebut.
Kata kunci : Kualitas pelayanan, Ketepatan waktu, Kepercayaan, dan Kepuasan konsumen.