View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Maksimalisasi Pelayanan Masyarakat Melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dalam Program Sembako Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19 di Kota Batu (Studi Kasus di Dinas Sosial Kota Batu)

Thumbnail
View/Open
Publish (1.867Mb)
Fulltext (3.762Mb)
Date
2022-07-15
Author
Fatva, Uyyun Regia
Metadata
Show full item record
Abstract
Pemberian pelayanan dan penyaluran dana bantuan sosial melaui Program Sembako dalam Kartu Kelauraga Sejahtera (KKS) merupakan program dari pemerintah yang diperuntukkam kepada masyarakat yang kurang mampu atau dikatakan sulit dalam memcukupi kebutuhan hidup. Problematika yang terjdi disebut dengan Saldo Nol, hal ini disebabkan karena kendala dari sistem yang langsung dari pusat. Yang nnatinya berdampak pada masyarakat sevara langsung. Dari permasalahan tersebut penulis merumusakan masalah sebagai berikut 1) Bagaimana bentuk pelayanan di masyarakat melalui melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) melalui Program Sembako di masyarakat? 2) Bagaimana tanggapan masyarakat dan dampak dari permasalahan Saldo Nol dalam penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) dari pemerintah ke masyarakat selama pandemi Covid-19?. Tujuan dari penelitaian ini adalah Untuk mengetahui Bagaimana bentuk pelayanan di masyarakat melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dalam Program Sembako di masyarakat. Dan Untuk mengetahui bagaimana tanggapan masyarakat dan dampak dari permasalahan Saldo Nol dalam penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) dari pemerintah ke masyarakat selama pandemi Covid-19. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskripif. Dalam pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Serta analisis data pada penelitian ini mengggunakan tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitia ini menunjukkan bahwa 1) pemberian dan dan penyaluran dana bantuan sosial melalui program ini telah dilaksanaka sesuai uandang-undang dan juga telah sesuai dengan buku pedoman penyaluran dana bantuan Program Sembako. 2) Tanggapan masyarakat mengenai problematika Saldo Nol sangat berdampak pada masyarakat itu sendiri diantara nya kekurangan dalam mencukupi kebutuhan hidup, pengalihan kebutuhan ekonomi dan penurunan daya beli masyarakat. Kata Kunci : Maksimalisasi, Pelayanan, Program Sembako
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5028
Collections
  • UT - Public Administration

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group