Abstract:
Tujuan dari makalah ini adalah untuk menganalisis peran kesadaran halal, menggunakan variabel yang dapat berpengaruh (determinan) dan dipengaruhi (output). Kajian dari makalah ini adalah untuk mempertimbangkan bagaimana kesadaran halal mempengaruhi ketertelusuran halal produk dari perspektif pelaku usaha. Produk halal sangat penting di negara dengan populasi Muslim terbesar. Namun masih banyak masyarakat yang belum mengetahui kehalalan produk sehingga masih banyak produk yang belum jelas kehalalan produk tersebut. Kuesioner dibagikan secara langsung dan data dikumpulkan dari 105 pengusaha. SEM-PLS kemudian diterapkan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa halal awareness dan halal traceability berpengaruh terhadap pelaku usaha. Sedangkan kesadaran halal pelaku usaha dipengaruhi oleh sertifikasi halal dan religiusitas. Pengetahuan gagal mempengaruhi kesadaran halal.
Kata kunci: Pengetahuan, Religiusitas, Sertifikasi Halal, Halal Awareness, dan Halal Traceability