Pengaruh Price Discount, Bonus Pack, dan In-Store Display terhadap Keputusan Impulse Buying (Studi Kasus pada Toko Aksesoris AA Cell di Jalan Jombang Kota Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh price discount,
bonus pack, dan in-store display terhadap keputusan impulse buying.
Penelitian ini merupakan penelitian kuntitatif dengan metode
penelitian penjelasan (Explanatory Researh). Penarikan sampel
dilakukan secara Purposive Sampling dengan responden pembeli
aksesoris handphone di Toko AA Cell yang berjumlah 80 orang.
Instrument penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data
menggunakan a) uji instrument yang berisi uji validitas dan uji
reliabilitas, b) uji normalitas, c) uji regresi linier berganda, d) uji
asumsi klasik yang berisi uji multikolinieritas dan uji
heteroskedastisitas, e) uji hipotesis yang berisi uji F dan uji t. Hasil
analisis secara simultan price discount (potongan harga), bonus pack
(kemasan tambahan), dan in-store display (penataan dalam toko)
berpengaruh secara signifikan terhadap impulse buying (pembelian
tidak terencana. Sedangkan hasil analisis secara parsial menggunakan
uji regresi linier berganda menunjukkan bahwa price discount
(potongan harga) berpengaruh secara signifikan terhadap impulse
buying (pembelian tidak terencana), sedangkan bonus pack (kemasan
tambahan) dan in-store display (penataan dalam toko) tidak
berpengaruh terhadap impulse buying (pembelian tidak terencana).