Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement dan Hedonic Shopping Value Terhadap Impulse Buying (Studi pada Konsumen Sepatu Merek Vans Surabaya)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh shopping lifestyle, fashion involvement dan hedonic shopping value terhadap impulse buying produk sepatu merek Vans kota Surabaya. Pada penelitian ini jenis penelitian yang diterapkan adalah explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen sepatu merek Vans keseluruhan konsumen produk Vans kota Surabaya yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 100 responden. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Untuk menganalisis data pada penelitian ini digunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, multikoliniearitas, heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda dan koefisien determinasi adjusted R2. Pengujian hipotesis pada penelitian ini dilakukan melalui uji instrumen F (simultan) dan instrumen t (parsial). Seluruh pengujian dilakukan menggunakan alat bantu SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Shopping lifestyle, fashion involvement dan hedonic shopping value secara simultan berpengaruh terhadap impulse buying pada konsumen produk sepatu Vans kota Surabaya. Shopping lifestyle secara parsial berpengaruh terhadap impulse buying pada konsumen produk sepatu Vans kota Surabaya. Fashion involvement secara parsial tidak berpengaruh terhadap impulse buying pada konsumen produk sepatu Vans kota Surabaya. Hedonic shopping value secara parsial berpengaruh terhadap impulse buying pada konsumen produk sepatu Vans kota Surabaya.
Kata kunci: Impulse Buying, Shopping Lifestyle, Fashion Involvement, Hedonic Shopping Value.