View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Teacher Training and Education
  • UT - Mathematic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Teacher Training and Education
  • UT - Mathematic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Motivasi Belajar dan Tingkat Pemahaman Peserta Didik pada Materi Bangun Datar Segi Empat Kelas VII

Thumbnail
View/Open
Publish (2.140Mb)
Fulltext (6.402Mb)
Date
2022-08-18
Author
Ulum, Muhammad Hafilul
Metadata
Show full item record
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang motivasi belajar dan tingkat pemahaman peserta didik hal ini kurangnya minat peserta didik dalam belajar matematika. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlunya pembaharuan model pembelajaran menggunakan model pembelajaran dan media yang lebih bervariasi dan tidak membosankan, maka perlunya model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan motivasi belajar dan tingkat pemahaman peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan tersebut adalah model pembelajaran flipped classroom. Tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) Ingin mengetahui perbedaan model pembelajaran flipped classroom terhadap motivasi belajar peserta didik pada materi bangun datar segi empat kelas VII. (2) Ingin mengetahui perbedaan model pembelajaran flipped classroom terhadap tingkat pemahaman peserta didik pada materi bangun datar segi empat kelas VII. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan rancangan true eksperimental design dan desain penelitian yang digunakan adalah pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Nasional Malang. Pemilihan sampel penelitian menggunakan cluster random sampling, diperoleh kelas VII-D sebagai kelas uji coba angket berjumlah 20 peserta didik, kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dengan memberikan angket pretes-postest dan soal pretes-postest berjumlah 24 peserta didik dan kelas VII-C sebagai kelas kontrol dengan memberikan angket pretes-postest dan soal pretes-postest berjumlah 24 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh: (1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil posttest motivasi belajar peserta didik diperoleh hasil P-value = 0,000 < 0,05 setelah menggunakan model pembelajaran flipped classroom terdapat perbedaan yang signifikan dibandingkan hasil posttest motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan dari nilai rata-rata motivasi belajar tampak bahwa rata-rata peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran flipped classroom kelas eksperimen (Mean±SD=33,78±0,86) lebih tinggi nilainya dibandingkan peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol (Mean±SD=30,56±3,20). (2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil posttest tingkat pemahaman peserta didik diperoleh hasil P-value = 0,003 < 0,05 setelah menggunakan model pembelajaran flipped classroom terdapat perbedaan yang signifikan dibandingkan hasil posttest tingkat pemahaman peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan dari nilai rata-rata tingkat pemahaman peserta didik tampak bahwa rata-rata peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran flipped classroom kelas eksperimen (Mean±SD=71,50±5,77) lebih tinggi nilainya dibandingkan peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol (Mean±SD=61,42 ± 14,55). Kata Kunci : Motivasi Belajar, Tingkat Pemahaman Peserta Didik, Flipped Classroom, Bangun Datar Segi Empat
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5768
Collections
  • UT - Mathematic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group