Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menjelaskan pengaruh daya tarik iklan, celebrity endorser, brand image, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian pengguna Shopee Food studi pada konsumen mahasiswa Universitas Islam Malang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian purposive sampling yang merupakan teknik penentuan sampel dengan berdasarkan kriteria tertentu. Metode yang digunakan yaitu regresi linier berganda. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan rumus dari Malhotra dengan hasil perhitungan sebanyak 92 sampel. Untuk menyelesaikan masalah di dalam penelitian ini menggunakan bantuan SPSS dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis regresi linier berganda, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji F, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel daya tarik iklan, celebrity endorser, brand image, dan persepsi harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian pengguna Shopee Food. Dan terdapat pengaruh secara parsial antara variabel daya tarik iklan, celebrity endorser, brand image, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci: daya tarik iklan, celebrity endorser, brand image, persepsi harga, keputusan pembelian