Strategi Digital Marketing dalam Peningkatan Nasabah di Bank Muamalat Saat Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Bank Muamalat di Kota Malang pada Saat Pandemi Covid-19)
Abstract
Pemasaran merupakan kegiatan yang harus dilakukan oleh setiap kegiatan ekonomi khusus pada setiap lembaga keuangan. Kerena dengan adanya kegiatan pemasaran tersebut maka tujuan suatu perusahaan atau organisasi maupun lembaga bisa tercapai. Serta tidak dapat dipungkiri perubahan akan globalisasi teknologi yang tidak dapat di hindari menuntut setiap perusahaan, lembaga mapuan organisasi untuk lebih peka sehingga mendorong kekreatifan dan inovasi seseorang dalam proses pemasaran agar tidak tertinggal oleh masa. Digital marketing menjadi utama dalam penelitian ini sejauh manakan sasaran yang dimaksud mampu menerapkan digitalisasi tersebut. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis digital marketing yang diterapkan pada Bank Muamalat Kota Malang sebagai strategi dalam meningkatkan nasabah dalam beberapa kurun waktu yang mana dari sebelumnya lembaga tersebut telah menggunakan sistem marketing tradisoanal yang kemudian beralih pada sistem digitalisasi. Dari peralihan sistem tersebut ditemukan adanya keresahan ataupun kejanggalan akibat beberapa faktor.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara, kepustakaan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengatakan bahwa digital marketing yang digunakan dirasa belum maksimal akibat andanya kendalakendala yang dihadapi. Selain itu proses pengalihan sistem menjadi tantangan terbaru khususnya di era pandemi saat ini. Adapun dealetika yang dihadapi dalam Bank Muamalat Kota Malang ini dipengaruhi oleh faktor internal yakni, latar belakang karyawan yang tidak sesuai, sarana yang kurang memadai, dan software yang kurang mempuni atau maksimal serta faktor eksternal yaitu masyarakat kolonial dan masyarakat yang kurang melek teknologi. Oleh karena itu perlu adanya tindak lanjut akan permasalahan tersebut yang berupa pelatihan SDM, peningkatan sarana, dan pengembangan software yang lebih baik lagi serta harus adanya pendekatan kepeda masayarakat dengan memberikan pemahaman akan pentingnya teknologi dan juga memberikan pelayanan yang terbaik sehingga mampu meningkatkan rasa kepercayaan nasabah.
Kata Kunci: Implementasi, Kendala-Kendala, Faktor, Implikasi