Pengaruh Profitabilitas dan Leverage Terhadap Sustainability Report Perusahaan Sebelum dan Sesudah Penerapan E-Commerce (Studi pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas dan leverage terhadap sustainability report sebelum dan sesudah implementasi e-commerce dan untuk mengetahui implementasi sustainability report sebelum dan sesudah implementasi e-commerce. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Populasi penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan menghasilkan sampel sebanyak 4 perusahaan dengan metode analisis regresi berganda dan Paired Samples Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap Sustainability Report bank-bank yang terdaftar di BEI. Leverage berpengaruh positif signifikan terhadap Sustainability Report bank-bank yang terdaftar di BEI. Terdapat perbedaan penerapan sustainability report sebelum dan sesudah penerapan e-commerce
Kata kunci: Profitabilitas, Leverage dan Sustainability Report