View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Teacher Training and Education
  • UT - Mathematic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Teacher Training and Education
  • UT - Mathematic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Segiempat

No Thumbnail [100%x80]
View/Open
S1_FKIP_21601072047_RIZMA NOER HIDAYATI 5.pdf (2.037Mb)
Date
2020-08-24
Author
Hidayati, Rizma Noer
Metadata
Show full item record
Abstract
Tuhan memberikan karunia yang sangat besar kepada manusia berupa akal, karena akal tersebut akan membantu manusia mengembangkan potensi yang ada pada diri manusia tersebut. Kemampuan berpikir kritis adalah salah satu yang harus dimiliki oleh setiap manusia karena dalam kehidupan manusia harus mempunyai kemampuan berpikir kritis untuk bisa memecahkan masalah yang akan dihadapinya di kehidupan sehari-hari masalah yang dihadapi tentunya berbeda-beda setiap orang maka dari itu sangatlah penting setiap orang mempunyai kemampuan berpikir kritis tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah matematika dengan menggunakan lima indikator Ennis, yaitu memberikan penjelasan sederhana (elementary clarification), membangun keterampilan dasar (basic support), menentukan strategi dan taktik (strategy and tactics), membuat penjelasan lebih lanjut (advance clarification), dan membuat kesimpulan (inference). Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif-kualitatif. Prosedur penelitian kualitatif ini meliputi: 1) tahap pra lapangan yaitu melakukan penyusunan instrumen penelitian; 2) tahap penelitian meliputi pemberian tes dan wawancara; 3) tahap analisis data, yaitu mengolah data yang didapat dari lapangan sehingga peneliti dapat menjawab rumusan masalah. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian yaitu siswa dari SMP Negeri 1 Ngoro. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen tes dan pedoman wawancara. Hasil analisis dalam penelitian ini data diperoleh kesimpulan yaitu: Subjek 1 mempunyai kemampuan berpikir kritis dengan memenuhi 4 indikator yaitu memberikan penjelasan sederhana (elementary clarification), membangun keterampilan dasar (basic support), menentukan strategi dan taktik (strategy and tactics), membuat penjelasan lebih lanjut (advance clarification), dan 1 indikator yang tidak terpenuhi yaitu membuat kesimpulan (inference). Subjek 2 mempunyai kemampuan berpikir kritis dengan memenuhi 5 indikator yaitu memberikan penjelasan sederhana (elementary clarification), membangun keterampilan dasar (basic support), menentukan strategi dan taktik (strategy and tactics), membuat penjelasan lebih lanjut (advance clarification), dan membuat kesimpulan (inference). Subjek 3 tidak mempunyai kemampuan berpikir kritis karena tidak memenuhi 5 indikator yaitu memberikan penjelasan sederhana (elementary clarification), membangun keterampilan dasar (basic support), menentukan strategi dan taktik (strategy and tactics), membuat penjelasan lebih lanjut (advance clarification), dan membuat kesimpulan (inference). Subjek 4 mempunyai kemampuan berpikir kritis dengan memenuhi 5 indikator yaitu memberikan penjelasan sederhana (elementary clarification), membangun keterampilan dasar (basic support), menentukan strategi dan taktik (strategy and tactics), membuat penjelasan lebih lanjut (advance clarification), dan membuat kesimpulan (inference). Subjek 5 mempunyai kemampuan berpikir kritis dengan memenuhi 3 indikator yaitu memberikan penjelasan sederhana (elementary clarification), membangun keterampilan dasar (basic support), menentukan strategi dan taktik (strategy and tactics), dan 2 indikator yang tidak terpenuhi yaitu membuat penjelasan lebih lanjut (advance clarification), membuat kesimpulan (inference). Subjek 6 tidak mempunyai kemampuan berpikir kritis karena tidak memenuhi 5 indikator yaitu memberikan penjelasan sederhana (elementary clarification), membangun keterampilan dasar (basic support), menentukan strategi dan taktik (strategy and tactics), membuat penjelasan lebih lanjut (advance clarification), dan membuat kesimpulan (inference).
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/595
Collections
  • UT - Mathematic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

NoThumbnail