Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Motivasi Berprestasi, dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Minat Berwirausaha dengan Self Efficacy sebagai Variabel Intervening
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis: 1) Pengaruhnya secara langsung
Pendidikan Kewirausahaan terhadap Self Efficacy, 2) Pengaruhnya secara
langsung Motivasi Berprestasi terhadap Self Efficacy, 3) Pengaruhnya secara
langsung Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Self Efficacy, 4)
Pengaruhnya secara langsung Self Efficacy terhadap Minat Berwirausaha, 5)
Pengaruhnya secara tidak langsung Pendidikan Kewirausahaan terhadap Minat
Berwirausaha dengan Self Efficacy sebagai variabel intervening, 6) Pengaruhnya
secara tidak langsung Motivasi Berprestasi terhadap Minat Berwirausaha dengan
Self Efficacy sebagai variabel intervening, 7) Pengaruhnya secara tidak langsung
Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Minat Berwirausaha dengan Self
Efficacy sebagai variabel intervening.
Sampel dalam penelitian ini menggunakan seluruh jumlah populasi yaitu
mahasiswa S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam
Malang yang sedang menempuh mata kuliah kewirausahaan lanjutan, berjumlah
92. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Pendidikan Kewirausahaan tidak
berpengaruh secara langsung terhadap Self Efficacy, 2) Motivasi Berprestasi
berpengaruh secara langsung terhadap Self Efficacy, 3) Status Sosial Ekonomi
Orang Tua tidak berpengaruh secara langsung terhadap Self Efficacy, 4) Self
Efficacy berpengaruh secara langsung terhadap Minat Berwirausaha, 5)
Pendidikan Kewirausahaan tidak berpengaruh secara tidak langsung terhadap
Minat Berwirausaha dengan Self Efficacy sebagai variabel intervening, 6)
Motivasi Berprestasi berpengaruh secara tidak langsung terhadap Minat
Berwirausaha dengan Self Efficacy sebagai variabel intervening, 7) Status Sosial
Ekonomi Orang Tua tidak berpengaruh secara tidak langsung terhadap Minat
Berwirausaha dengan Self Efficacy sebagai variabel intervening.