Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Loyalitas Konsumen Prodak Klinik Kecantikan (Studi Kasus pada Konsumen Prodak Kecantikan di Ramdani Skincare)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh produk, harga, promosi dan
saluran distribusi terhadap loyalitas pelanggan di Ramdani Skincare. Populasi dalam
penelitian ini adalah pelanggan yang memiliki produk kecantikan lebih dari satu kali di
Ramdani Skincare, Jatikerto, Kabupaten Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian
deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan juga menggunakan instrumen
penelitian kuesioner. Metode penelitian yang digunakan adalah regresi linier berganda.
Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, yang merupakan
teknik asampling dengan pertimbangan tertentu dimana penelitian akan mengambil sampel
dengan kriteria tertentu, berusia antara 17-32 tahun dan telah membeli produk kecantikan
lebih dari satu kali. Sampel 83 responden dalam populasi 480 konsumen diperoleh.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga (X1) secara signifikan mempengaruhi
keputusan pembelian dengan nilai (Sig 0,001), harga (X2) secara signifikan mempengaruhi
keputusan pembelian dengan nilai (Sig 0,002), promosi (X3) secara signifikan mempengaruhi
keputusan pembelian. dengan nilai (Sig 0,004), saluran distribusi (X4) memiliki pengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai (sig 0,000).