View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Strategi Pengelolaan Wisata Buper Bedengan Dalam Upaya Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Oleh Perum Perhutani Kph Malang Dan Pengelola Wisata (Studi Kasus Wisata Buper Bedengan Desa Solorejo Kecamatan Dau Kabupaten Malang)

Thumbnail
View/Open
Publish (1.767Mb)
Fulltext (5.428Mb)
Date
2022-07-22
Author
Wijaya, Indra Kusuma
Metadata
Show full item record
Abstract
Banyaknya wisata di malang membuat pengelola wisata bersaing untuk membuat wisata yang dikelolanya menarik wisatawan untuk berkunjung. Wisata Buper Bedengan pada tahun 2018-2020 mengalami peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung (Data RPH Selorejo) menujukan bahwa strategi yang dilakukan pengelola wisata dan Perum Perhutani efektif untuk menarik wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan strategi Perum Perhutani KPH Malang dan Pengelola Wisata dalam mengelola Wisata Buper Bedengan. Untuk mendeskripsikan Dampak pengelolaan Wisata oleh Perum Perhutani KPH Malang dan Pengelola Wisata terhadap keberdayaan ekonomi masyarakat. Untuk mengetahuinya digunakan jenis penelitian deskriptif-kualitatif, dengan Teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data penelitian terdiri dari data primer dan data sekunder. Pada penelitian metode analisis data yang dipergunakan adalah analisis model interaktif dari Milles and Hubberman dalam Saldana (2014). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi yang dilakukan Perhutani dan Pengelola Wisata dalam mengelola Wisata Buper Bedengan membuat Wisata Bedengan mengalami peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung. Strategi tersebut meliputi: monitoring dan evaluasi, pemasaran online, perbaikan sarana dan prasarana Serta Branding yang membuat Wisata Bedengan tidak ketinggalan seputar dunia wisata. strategi Perum Perhutani KPH Malang dan pengelola wisata berdampak positif terhadap keberdayaan ekonomi masyarakat Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Dampak positif dapat ditinjau dari aspek dalam dan luar Wisata Bedengan, dampak positif dari dalam Wisata Bedengan yaitu dibukanya lapangan kerja baru, terbuka dan terserapnya tenaga kerja, Peningkatan penghasilan. Dampak positif dari luar Wisata Bedengan yaitu banyaknya kios di sepanjang jalan di arah Wisata Bedengan, terutama kios jeruk. Kata Kunci : Dampak Pengelolaan, Keberdayaan, Strategi, Ekonomi Masyarakat
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6051
Collections
  • UT - Public Administration

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group