Pengaruh Pengetahuan dan Promosi Terhadap Minat Mahasiswa Menabung di Bank Syariah (Studi Kasus Mahasiswa FEB Universitas Islam Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pengetahuan dan promosi terhadap minat mahasiswa menabung di bank syariah pada mahasiswa Universitas Islam Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuantitatif Asosiatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 97 mahasiswa Universitas Islam Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Teknik analisis menggunakan analisis regresi linier berganda dan menggunakan software SPSS for windows untuk menganalisis pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini secara simultan variabel pengetahuan dan promosi berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa menabung di bank syariah. Sedangkan secara parsial 1) variabel pengetahuan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa menabung, 2) promosi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa menabung.
Kata Kunci: Pengetahuan, Promosi, Minat Menabung.