Pengaruh Online Marketing dan E-Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Online Shop Yoya Outfit Malang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis online marketing, e-service quality,dan loyalitas pelanggan store online shop Yoya Outfit Malang baik secara parsial maupun bersama-sama. Populasi adalah pengikut instagram kosnumen online shop Yoya Outfit Malang yang berjumlah 276. Dan sempel yang di ambil sebanyak 73. Responden pada penelitian ini adalah konsumen produk Yoya Outfit yang dipilih melalui metode purposive sampling dan teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dan koefisien determinasi penelitian. Hasil analisis menunjukan bahwa (1) variabel online marketing di uji parsial daengan menggunakan uji t memiliki nilai statistik uji t sebesar 2,223 dan nilai signifikan t sebesar 0,029 Nilai signifikan t lebih kecil dari tarif signifikansi yaitu 0,05 dari hasil tersebut menunjukan bahwa variabel online marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. (2) Variabel e-service quality di uji parsial menggunakan uji t memiliki nilai statistik uji t sebesar 3,873 dan nilai signifikan t sebesar 0,000 Nilai signifikan t lebih kecil dari tarif signifikansi yaitu 0,05. Uji ini memperlihatkan bahwa variabel e-service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
Kata kunci : online marketing, e-service quality dan loyalitas pelanggan