Pengaruh Gaya Hidup (Lifestyle) dan Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Wardah (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup dan labelisasi halal terhadap keputusan pembelian skincare Wardah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah gaya hidup dan labelisasi halal, sedangkan variabel terikatnya adalah keputusan pembelian skincare Wardah di Kecamatan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, karena data yang digunakan berupa angka dan angka. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer. Metode pengumpulan data ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner berupa google form, peneliti membagikan daftar pertanyaan kepada mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang yang menggunakan skincare Wardah untuk menjadi responden dalam penelitian ini. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang. Metode pengumpulan data menggunakan teknik non-probability sampling dengan pendekatan Accidental Sampling. Pengujian hipotesis menggunakan analisis statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, dan pengujian hipotesis menggunakan SPSS Versi 14. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (0,000 > 0 0,05), variabel labelisasi halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (0,000 < 0,05).
Kata kunci: keputusan pembelian, gaya hidup, labelisasi halal