Pengaruh Labelisasi Halal dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Vitamin Penambah Imun di Era Pandemic Covid-19 (Studi Kasus pada Masyarakat Kecamatan Kalipare)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Labelisasi Halal, Citra Merek terhadap keputusan pembelian vitamin penambah imun di era pandemic covid-19 pada masyarakat di Kecamatan Kalipare. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah labelisasi halal, dan citra merek, sedangkan variabel terikatnya adalah keputusan pembelian, jenis penelitian ini adalah kuantitaif korelasional. Sumber data dalam penelitian menggunakan data primer. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner berupa google form, peneliti membagikan daftar pertanyaan kepada masyarakat kecamatan kalipare yang menjadi responden penelitian. Populasi penelitian ini adalah masyarakat Kecamatan Kalipare. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan teknik non-probability sampling dengan pendekatan accidental sampling. Pengujian hipotesis menggunakan analisis statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, dengan alat analisis menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel labelisasi halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai (0,000 < 0,05), variabel citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembeliandengan nilai (0,000 < 0,05).
Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Labelisasi Halal, Citra Merek.