Pengaruh Empati dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa untuk Menjadi Wirausaha Sosial (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah Unisma)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh empati dan pendidikan kewirausahaan terhadap minat mahasiswa untuk menjadi wirausaha sosial. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif. Dalam penelitian ini sampel yang diambil adalah mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Perbankan Syariah di Universitas Islam Malang yang sudah menempuh mata kuliah Pengantar Bisnis, sebanyak 100 responden di dapatkan oleh peneliti yang sudah memenuhi kriteria. Pengambilan jumlah sampel menggunakan metode non probabilty sampling dengan menggunakan pendekatan purposive sampling untuk memperoleh responden. Analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan alat analisis SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) Hasil penelitian menunjukkan variabel empati tidak berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa dalam berwirausaha sosial. 2) Hasil penelitian menunjukkan variabel pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa dalam berwirausaha sosial. 3) Hasil penelitian menunjukkan variabel empati (X1) dan pendidikan kewirausahaan (X2) secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa dalam berwirausaha sosial.
Kata Kunci : Empati, Pendidikan Kewirausahaan, Minat Wirausaha Sosial